June 22, 2014

Ketahui Tips Menghadapi Konflik di Lingkungan Kerja dengan Baik

Tempat kerja yang nyaman akan sangat mempengaruhi mood dan kinerja Anda di waktu-waktu padat kerja. Tempat kerja yang nyaman bisa dilihat dari sisi bangunan atau ruangan kerja Anda, hingga situasi orang-orang yang satu kantor dengan Anda. Mengingat bahwa kantor akan menjadi tempat Anda bekerja sehari-harinya, menjaga hubungan baik dengan para pekerja di kantor Anda menjadi sebuah keharusan. Hubungan baik pun akan membuat mood Anda lebih terjaga yang secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja Anda. Lalu bagaimana bila terjadi konflik? Tips menghadapi konflik di lingkungan kerja akan dibahas disini.

Memiliki musuh walaupun berlokasi jauh dengan Anda pun tidak enak rasanya, apalagi Anda harus memiliki konflik dalam 1 atap yaitu kantor Anda? Konflik yang terjadi di dalam perusahaan akan sangat kuat mempengaruhi kehidupan Anda di kantor yang notabene menjadi tempat sehari-hari Anda melakukan pekerjaan. Lalu tips apa saja yang harus Anda lakukan untuk menghadapi konflik dalam dunia kerja Anda? Yang pertama harus Anda lakukan adalah peka dengan lingkungan kantor. Bila Anda merasa orang-orang memandang tidak suka pada Anda, sebaiknya cari penyebabnya. Setelah ketemu, usahakan Anda selesaikan masalah tersebut secepatnya. Menunda menyelesaikan konflik yang terjadi hanya akan memperkeruh konflik tersebut dan tentu saja pada kinerja Anda.

Cobalah untuk merendahkan diri meminta maaf pada orang yang memiliki masalah dengan Anda. Bukan bermaksud ingin menunjukan rasa tidak berdaya, meminta maaf terlebih dahulu dipilih untuk tidak mengembangkan emosi yang sudah ada pada orang yang bermasalah dengan Anda semakin lebar. Bila memang Anda yang melakukan kesalahan, meminta maaf terlebih dahulu dan mengakui kesalahan mungkin bisa bantu menetralisi konflik yang sedang berlangsung. Saat meminta maaf, ada hal lain yang perlu diperhatikan yaitu etika berbicara Anda. Ketika menyampaikan maaf pada orang yang bermasalah dengan Anda, usahakan tampilkan kesan tidak arogan serta berbicara dengan halus.

Jangan menyela, memotong, atau memasang muka jutek ketika menghadapi orang yang memiliki konflik dengan Anda di kantor. Hal tersebut bisa membantu mengademkan suasana tidak enak dan mencegah timbul gosip tidak baik mengenai diri Anda. Tips menghadapi konflik di lingkungan kerja selanjutnya yaitu mencoba mengerti dan memahami karakter orang-orang yang ada di kantor Anda. Apakah kantor Anda memiliki orang-orang yang ramah atau malah sebaliknya. Coba menyesuaikan diri dengan baik agar Anda tidak dimusuhi oleh orang-orang di kantor. Menyesuaikan diri dengan baik bisa dengan mengerti sifat satu per satu karyawan yang ada disitu. Karena banyak orang yang memang pada dasarnya bertampang garang atau jutek, namun berhati baik sering disalah artikan hingga akhirnya menimbulkan konflik.

Tips selanjutnya, posisikan diri Anda netral pada saat menghadapi konflik di kantor. Posisi netral yang dimaksudkan adalah sikap Anda yang mau menerima masukan atau pendapat dari oranglain perihal masalah ini. Dengan begitu, Anda bisa merubah cara berpikir dan mendapat pencerahan untuk bagaimana menyelesaikan masalah ini dengan benar. Pertolongan teman sekantor adalah tips menghadapi konflik di lingkungan kerja yang cukup ampuh.Teman yang baik dan peduli dengan Anda tentu akan memberi masukan, pendapat, serta bantuan dorongan moral yang positif untuk segera menyelesaikan masalah yang sedang terjadi di kantor. Karena sebenarnya, konflik di kantor bisa diselesaikan dengan baik bila Anda niatan baik dari Anda.

Tips KarirArtikel PERHATIAN Selamat datang di website kami, LowonganKerjaNew.com, portal informasi lowongan kerja terbaru Indonesia. Dukung kami dengan mengklik tombol Google+ di bawah ini, maka anda akan mendapatkan update terbaru GRATIS setiap hari mengenai informasi Lowongan Kerja di BUMN, Swasta Nasional serta Informasi CPNS. Loker Hari Ini Dapatkan Info Loker ke Facebook Kamu Setiap Hari Advertisement Loker Berdasarkan Industri Lowongan CPNS Terbaru Follow Kami di Twitter