June 22, 2014

Inilah Bocoran Soal Ujian CPNS 2014

Pemerintah segera membuka lowongan untuk seratus ribu (100.000) Aparatur Sipil Negara (ASN) pada minggu ketiga Juli 2014. Formasi itu terdiri atas 65.000 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 35.000 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).


 


Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian PAN-RB Herman Suryatman, lowongan ASN itu tersebar di 482 instansi pemerintah, yang terdiri dari 31 kementerian dan 40 lembaga, serta 28 pemerintah provinsi dan 383 pemerintah kabupaten/kota.



“Untuk CPNS, 25 ribu formasi disediakan untuk instansi pemerintah pusat, dan 40 ribu formasi untuk pemerintah daerah. Sedangkan PPPK terdiri dari 10 ribu untuk pusat dan 25 ribu untuk daerah,” kata Herman dalam Sekretariat Kabinet, Kamis (19/6/2014).


Sama halnya seperti tahun lalu,  materi ujian kemampuan dasar (TKD) terdiri dari 3 bentuk soal. Yang pertama mengenai wawasan kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Sedangkan pada bentuk soal kedua meliputi karakteristik pribadi, diantaranya adalah integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan lain-lain.


Adapun kelompok soal ketiga, menurut Herman, adalah intelegensia umum, yang meliputi  kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, kemampuan berpikir analitis.


Herman memastikan jika hampir semua seleksi CPNS itu akan menggunakan sistem komputerisasi atau Computer Assisted Test (CAT), untuk menjamin transparansi, obyektivitas, dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) dalam seleksi.



“Dengan cara ini, pemerintah optimis bisa menjaring putera-puteri bangsa terbaik untuk menjadi aparatur sipil Negara,” pungkas Herman.


(Ndw/Gdn)


(Arthur Gideon)


Sumber : Liputan6.com (http://bisnis.liputan6.com/read/2065498/ini-bocoran-soal-tes-cpns-2014)


Mumpung masih ada waktu, mari berlatih soal-soal CPNS di sini

Berita Seputar CPNS, CPNS 2014CPNS PERHATIAN Selamat datang di website kami, LowonganKerjaNew.com, portal informasi lowongan kerja terbaru Indonesia. Dukung kami dengan mengklik tombol Google+ di bawah ini, maka anda akan mendapatkan update terbaru GRATIS setiap hari mengenai informasi Lowongan Kerja di BUMN, Swasta Nasional serta Informasi CPNS. Loker Hari Ini Dapatkan Info Loker ke Facebook Kamu Setiap Hari Advertisement Loker Berdasarkan Industri Lowongan CPNS Terbaru Follow Kami di Twitter