June 22, 2014

Tahapan Untuk Membuat Lamaran Kerja yang Enak di Baca

Untuk para pencari kerja selain harus menyiapkan diri menghadapi interview kerja pencari kerja juga harus menyiapkan berkas-berkas untuk melamar pekerjaan. Dan diantara berkas-berkas tersebut, pelamar kerja harus membuat surat lamaran kerja sebagai pernyataan bahwa sedang mencari kerja dengan mencantumkan data diri dan maksud menyampaikan surat tersebut. Mungkin sudah banyak diantara Anda yang mendapatkan pelajaran membuat surat lamaran kerja yang baik. Tetapi surat lamaran kerja tidak hanya butuh isi yang baik dan lengkap. Tetapi juga enak di baca. Membuat lamaran kerja yang enak di baca nantinya akan membantu Anda untuk mendapatkan simpati dari pihak perusahaan.

Lalu apa saja yang diperlukan untuk membuat surat lamaran kerja Anda menarik bagi pihak HRD perusahaan? Saat menyusun surat lamaran kerja sebaiknya menampilkan jati diri Anda secara menarik. Dengan pilihan kata-kata yang tepat tentunya, jangan sampai mencerminkan bahwa Anda adalah orang yang arogan. Buatlah kalimat pembuka yang dapat menarik perhatian pihak perusahaan. Selain menghindari cermin diri yang arogan, hindari juga mencerminkan diri Anda dengan rendah diri. Sikap pesimis juga akan memberikan nilai negatif oleh pihak perusahaan. Walaupun diketahui biasanya bahasa yang digunakan selalu formal dan baku, pilihan kata tetap bisa membantu Anda menggambarkan diri dan tujuan Anda mengirim surat lamaran tersebut.

Setelah mengisi surat lamaran Anda dengan pilihan kata yang tepat, tahap selanjutnya menggunakan kalimat efektif, tidak melebih-lebihkan ataupun membuat tulisan Anda yang dipanjang-panjangkan. Kalimat efektif sebaiknya dipelajari dengan baik bagi para pelamar kerja agar bisa membuat lamaran kerja yang enak di baca. Pelamar kerja dituntut bisa membuat surat lamaran kerja dengan isi dan tujuan yang jelas, tidak berlebihan dan juga isi surat yang padat. Kalimat yang berputar-putar malahan tidak membantu si pembaca untuk mendapatkan maksud yang hendak disampaikan. Untuk menghindari pihak perusahaan menjadi malas membaca surat lamaran Anda, sebaiknya benar-benar gunakan kalimat yang efektif.

Tahapan selanjutnya adalah membuat surat lamaran Anda berbobot. Surat lamaran kerja yang dimaksudkan untuk melamar sebuah perusahaan, tentu saja harus bisa menarik perhatian dan minat perusahaan untuk memanggil Anda mengikuti serangkaian tes selanjutnya. Maka jangan lupa untuk mencantumkan data diri serta kualifikasi diri Anda yang Anda miliki. Prestasi ataupun pengalaman kerja hendaknya Anda cantumkan dalam surat lamaran kerja. Tetapi jangan lupakan penggunaan kalimat efektif. Buatlah seringkas serta sejelas mungkin untuk menjabarkan prestasi serta pengalaman yang sudah diraih.

Selain isi surat yang harus diperhatikan, sisi kerapihan dari berkas dan surat lamaran kerja Anda juga harus diperhatikan dengan baik. Bentuk kertas yang digunakan, cetakan kertas Anda serta tinta yang Anda gunakan. Jagalah agar kertas Anda tidak terkoyak atau kusut, dan juga tinta dan cetakan kertas Anda sebaiknya dicek adakah yang cacat atau tidak. Selain hal tersebut, membuat lamaran kerja yang enak di baca yaitu sebaiknya dengan mengetik surat lamaran yang Anda buat. Tulisan tangan pada zaman sekarang ini tidak dianjurkan lagi digunakan kecuali memang itu syarat dari perusahaan yang akan Anda lamar. Keunggulan bila membuat surat lamaran kerja dengan komputer, tingkat kerapihan dan kejelasan tulisan lebih baik dibandingkan dengan tulisan tangan. Maka dari itu, untuk menonjolkan kerapihan dari berkas Anda sebaiknya ketiklah surat lamaran kerja Anda.

Tips KarirArtikel PERHATIAN Selamat datang di website kami, LowonganKerjaNew.com, portal informasi lowongan kerja terbaru Indonesia. Dukung kami dengan mengklik tombol Google+ di bawah ini, maka anda akan mendapatkan update terbaru GRATIS setiap hari mengenai informasi Lowongan Kerja di BUMN, Swasta Nasional serta Informasi CPNS. Loker Hari Ini Dapatkan Info Loker ke Facebook Kamu Setiap Hari Advertisement Loker Berdasarkan Industri Lowongan CPNS Terbaru Follow Kami di Twitter