May 29, 2013

Tahapan dan Tips Interview Kerja

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Wawancara kerja atau bahasa kerennya Interview Kerja, yaitu bertujuan untuk mengetahui potensi layak tidaknya calon kandidat perusahaan tersebut bergabung didalam perusahaan yang dituju. Wawancara kerja juga merupakan bagian proses dalam melamar suatu pekerjaan yang pasti akan dilewati oleh para calon kandidat baru. Dalam proses wawancara kerja, biasanya pihak perusahaan menggunakan bahasa indonesia, tapi tidak sedikit yang juga selalu menggunakan bahasa inggris.

Dalam proses wawancara kerja, biasnya pihak HRD lah yang biasanya bertugas mewawancara para calon kandidat baru perusahaan atau si pelamar kerja.

Dalam perekrutan calon karyawan, ada beberapa penilaian yang dilakukan pihak HRD untuk mencari calon karyawan yang sesuai dengan ketentuan, biasanya masing-masing HRD memiliki penilaian tersendiri.

Biasanya tahapan dalam proses interview kerja atau wawancara kerja terbagi dalam beberapa bagian, namun pada umumnya yang sering dilakukan akan di bagi menjadi 3 bagia, yaitu:

A. Interview Kerja dengan HRD;

B. Psikotest;

C. Interview Kerja dengan User.

Beberapa tahapan itu yang biasanya akan dilalui saat proses pelamaran kerja.
Untuk proses menghadapi interview kerja atau wawancara kerja, ada beberapa tips atau trik yang dapat kalian gunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Cari Tau Latar Belakang Perusahaan;

Dalam bagian ini sangatlah penting ketika kita hendak melakukan lamaran pekerjaan, karena bisa saja perusahaan yang membuka lowongan justru merupakan penipuan dalam modus membua lowongan kerja. Jadi usahakanlah ketika anda hendak mengirimkan lamaran kerja, cari tau terlebih dahulu latar belakang perusahaan tersebut.

2. Menyiapkan Beberapa Dokumen Penting;

Jangan lupa, setelah anda mencari tau latar belakang perusahaan, dan anda yakin perusahaan tersebut aman dari proses penipuan, anda juga diharuskan menyiapkan dokumen-dokumen penting untuk melakukan interview kerja. Biasanya dokumen-dokumen tersebut berisi CV, surat lamaran, fotocopy KTP, ijazah terakhir, SKCK, dan surat keterangan dokter.
Dan periksa kembali kelengkapan dokumen sebelum Anda berangkat interview kerja, jangan sampai ada dokumen yang tertinggal.

3. Istirahat Yang Cukup;

Istirahat yang cukup dapat membantu anda dalam menenangkan pikiran disaat anda hendak melakukan interview kerja. Anda harus fokus ketika melakukan interview kerja, justru ketika fikiran anda tidak fokus, itu akan menyebabkan anda tidak nyambung ketika pihak perusahaan mengajukan pertanyaan terhadap anda. Dan usahakanlah anda jangan begadang, ketika jadwal interview kerja esok harinya.

4. Berpakaian Rapi;

Berpakaian rapi akan menimbulakan kesan yang positif dari pihak perekrut. Dan itu mencerminkan bahwa anda orang yang profesional.

5. Datang Lebih Awal;

Datanglah lebih awal ketika anda hendak melakukan wawancara kerja, minimal 15 menit lebih awal sebelum proses interview berlangsung. Itu akan menggambarkan bdiri anda yang bersungguh-sungguh.

6. Percaya Diri;

Ketika proses interview kerja dimulai, pihak perusahaan akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada anda, nah disaat inilah anda dapat menunjukan rasa percaya diri anda. Namun yang anda harus ingat, dalam sikap percaya diri, usahakan jangan berlebihan, bersikaplah sewajarnya.

7. Inisiatif dan Antusias.

Pada saat interview kerja atau wawancara kerja berlangsung, anda harus bersikap aktif untuk mengutarakan pendapat atau pertanyaan jika memang ada informasi yang perlu anda ketahui, jangan takut atau malu untuk melontarkan pertanyaan kepada pihak perekrut karena jika sebuah proses interview kerja menjadi sebuah percakapan dua arah tentunya akan sangat menyenangkan dan tidak membosankan bagi pihak perekrut.

Antusias merupakan sikap yang sangat penting dalam proses interview kerja, sikap ini dapat membangun sebuah pembicaraan menjadi menarik dan hidup. Sikap ini juga menunjukkan bahwa nda tertarik terhadap topik pembicaraan yang sedang dibahas dan biasanya pihak perusahaan sangat menyukai orang yang memiliki sikap antusias yang tinggi.

Semoga tips diatas dapat membantu anda dalam proses pelamaran pekerjaan, semoga anda berhasil.

Admin 29 May, 2013


-
Source: http://indojobhunter.com/tahapan-dan-tips-interview-kerja.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com